Misteri Terbesar Harvestmoon:BackToNature

10 Misteri Terbesar Harvest Moon: Back To Nature!

 Gambar terkait

 

Salah satu game yang berhasil mencuri jutaan hati gamer Playstation pertama di masa lalu, kalimat yang satu ini memang pantas diarahkan pada sang legenda dari developer Jepang – Natsume, Harvest Moon: Back to Nature. Ia memang terhitung tidak sulit mencapai tingkat popularitas tinggi, apalagi di Indonesia, yang dikala itu dikuasai Playstation dengan game bajakan yang mudah didapatkan. Lantas, apa yang membuat Harvest Moon begitu spesial? Di kala game lain meminta Anda berperan sebagai seorang pahlawan pembasmi kejahatan, pembela dunia, sang penakluk naga raksasa, dan bertarung dengan serangkaian senjata atau skill yang begitu destruktif, Harvest Moon menarik kembali Anda ke sebuah skenario yang lebih “nyata”. Menjadi seorang petani.
Ciri khas gameplay super unik inilah yang melambungkan nama Harvest Moon. Sensasi gameplay dan tantangan yang berbeda dibandingkan game-game RPG yang selama ini Anda temui menjadi  daya tarik yang sulit untuk ditolak. Anda menjalankan sebuah lahan pertanian yang tentu saja, harus dipastikan memberikan keuntungan dari segi finansial. Namun di sisi lain, Anda juga harus bercocok tanam dan memastikan kondisi kesehatan ternak dan binatang peliharaan yang lain. Di luar aktivitas bertani, ada tuntutan sosial untuk berinteraksi dengan penduduk desa, mencuri hati mereka agar terus mengizinkan Anda tinggal, hingga beragam event pertandingan yang diselenggarakan di tanggal-tanggal tertentu. Satu yang pasti, semua hal ini membuat Harvest Moon begitu menyenangkan, namun juga menantang di saat yang sama.
Ada satu hal yang menarik dari Harvest Moon: Back to Nature, yang mungkin tidak akan bisa dimengerti oleh gamer-gamer “muda” saat ini. Apa itu? Benar sekali, kita membicarakan misteri yang mengitarinya. Namun jangan bandingkan dengan konsep easter eggs yang masih  mudah ditemui di game-game keluaran saat ini dan seringkali berujung pada terbukti / tidak terbukti, misteri yang mengitari Harvest Moon tak ubahnya urban legend yang menyebar dari mulut ke mulut. Dengan konektivitas internet yang sangat terbatas di masa lalu dan popularitas buku guide yang masih melejit di kala itu, semua misteri ini tidak pernah bisa dicek kebenarannya secara pasti. Seperti berita angin yang terus tertiup kencang, yang ada justru kian menguat. Rumor-rumor yang membuat Harvest Moon kian menarik.
Lantas, dari semua hal yang sempat dikabarkan bisa dilakukan di Harvest Moon: Back to Nature versi Playstation pertama, apa saja 10 misteri terbesar yang mengitarinya? Ini dia, versi-versi yang pernah didengar JagatPlay:

10. Jenis Kelamin Anak

hm kids
Tidak ada yang lebih membahagiakan selain melihat bahwa semua kerja keras yang Anda lakukan selama bertahun-tahun terakhir berujung pada sebuah keluarga yang indah. Istri yang cantik, dan melihat anak Anda yang lucu berkembang perlahan, namun pasti, dari merangkak, belajar berdiri, berjalan, dan mulai belajar ocehan tanpa makna yang lucu. Begitu juga di Harvest Moon. Namun seperti layaknya manusia biasa, selalu ada perasaan tidak puas dengan apa yang Anda dapatkan. Banyak buah bibir yang menyebutkan bahwa ada metode untuk mendapatkan seorang anak perempuan, dan bukannya anak laki-laki yang tampaknya, diposisikan sebagai jenis kelamin default. Mitos ini sempat menuntut Anda untuk menikahi wanita tertentu, di tanggal tertentu, dengan begitu banyak syarat dan ketentuan berlaku yang lain. Terbukti atau tidak? Seingat kami,  Harvest Moon: Back to Nature masih memperlihatkan keturunan anak laki-laki sebagai satu-satunya penerus, dan belum pernah ada fakta soal eksistensi anak wanita di dalamnya.

9. Memohon Pada Bintang Jatuh

harvest moon wife
Maka seperti layaknya sebuah hidup nyata yang menguras energi Anda hanya untuk memastikan dapur tetap mengepul, ada sebuah mitos pula yang kabarnya, memungkinkan gamer untuk memenuhi mimpi mereka secara instan, tanpa perlu bekerja keras sama sekali. Konon, di malam tanggal tertentu, di kala cuaca cerah, Anda bisa menggerakkan karakter Anda ke puncak gunung di tengah malam untuk melihat sebuah bintang jatuh yang bercahaya terang. Begitu bintang ini melewati layar Anda, sebuah menu opsi dirumorkan akan muncul, meminta Anda memilih satu di antara 3 permintaan – yang salah satunya, bahkan memungkinkan Anda untuk menikahi wanita pilihan Anda secara instan. Benar atau mitos? Sejauh ini, belum pernah ada yang membuktikannya..

8. Pelihara Musang

chicken
Harvest Moon: Back to Nature memungkinkan Anda untuk tidak hanya memelihara ternak dengan produk yang bisa Anda jual setiap harinya untuk keuntungan. Ada dua binatang lain – kuda dan anjing yang juga harus menjadi fokus perhatian Anda. Jika dipelihara dengan baik, keduanya bahkan memiliki festivalnya sendiri untuk diperlombakan di tanggal tertentu. Namun, kabarnya, masih ada satu binatang ekstra lagi yang sebenarnya dipelihara – seekor musang warna kuning. Konon katanya, Anda harus melepas seekor saja ayam Anda di lahan pertanian dengan dikelilingi balok kayu sebagai pagar dalam jarak tertentu. Membiarkan hal ini terjadi selama berhari-hari akan mengundang musang di suatu malam. Anda bisa menangkap dan memeliharanya setelah sebuah cut-scene pendek tercipta. Katanya..

7. Anak Tumbuh Besar!

babys


Ini mungkin salah satu rumor yang paling mendorong banyak gamer untuk memainkan Harvest Moon: Back to Nature untuk waktu yang lama, terlepas dari fakta bahwa di titik tertentu, gameplay yang mereka temukan akan berujung sangat repetitif. Mitos menyebutkan bahwa anak kesayangan Anda sebenarnya bisa tumbuh besar, dan tidak hanya terhenti menjadi seorang balita yang tengah berusaha berbicara. Kabarnya, seperti layaknya di dunia nyata, Anda bisa melihat anak Anda berjalan, berlari, berbicara dengan jelas, sekolah di luar kota, kembali menjadi dewasa, dan membantu Anda mengurus pertanian. Sebuah langkah logis jika dipikirkan mengingat fakta bahwa anak Anda memang terlihat tumbuh. Namun benar atau tidak? Sayangnya, tidak ada pernah ada bukti kuat yang mendukung asumsi yang satu ini


6. Beraktivitas di kala Badai

fishing
Badai adalah mimpi terburuk di Harvest Moon. Angin kencang dan hujan deras membuat kerja bertani seperti ini menjadi begitu berbahaya dan mengancam nyawa. Sayangnya, alih-alih memberikan opsi bagi gamer untuk keluar, menempuh resiko, dan berhadapan dengan konsekuensi yang mungkin muncul, Natsume justru menutup akses keluar rumah setiap kali badai seperti ini terlihat. Semua aktivitas pertanian Anda akan terhenti, semua binatang yang lupa Anda masukkkan ke dalam kandang akan berujung hilang, dan tanaman-tanaman lenyap karena dorongan angin. Kami sendiri sempat mendengar mitos bahwa Anda sebenarnya bisa menerobos badai ini dan melakukan aktivitas di tengah terpaan hujan deras dan angin kencang, jika Anda memenuhi syarat dan ketentuan tertentu di hari sebelumnya. Ada rumor juga soal cut-scene dimana Anda bisa bertemu dengan karakter baru di kala momen seperti ini dan mengundangnya masuk ke dalam rumah. Namun seperti halnya mitos yang lain, tidak pernah ada bukti soal ini.

5. Menikahkan Anjing

harvest moon dog
Tidak cukup dengan musang, Anda kabarnya bisa membangun “pasukan anak anjing” Anda yang lucu dan imut, dengan cara menikahkan anjing jantan Anda dengan anjing betina lainya di kota. Kabarnya, Anda harus sering menggotong anjing jantan Anda ke kota, meninggalkannya di kediaman sang anjing betina secara frekuentif dan menunggu hasilnya. Konon katanya, di suatu hari, ketika Anda baru bergerak keluar rumah, akan ada event yang memperlihatkan bahwa sang anjing betina tersebut akan melahirkan di kandang kuda Anda, menghadiahi Anda dengan beberapa anak anjing baru yang bisa dipelihara. Sebuah mimpi yang tentu saja, terdengar lucu.

4. Rumah Tingkat Dua

harvest moon house
Bagaimana jika Anda sudah menjadi seorang petani yang sukses? Dimana semua aktivitas pertanian Anda sudah bisa dikerjakan oleh para kurcaci, dan Anda masih punya uang lebih untuk terus menikmati hidup tanpa perlu lagi bekerja? Rumor yang sempat beredar menyebut bahwa jika Anda berhasil mengumpulkan gold hingga jumlah ratusan ribu tertentu, Anda bisa meminta sang tukang kayu untuk memperbesar lebih lagi lahan pertanian Anda setelah upgrade Glass House yang seharusnya menjadi upgrade terakhir. Upgrade besar-besaran ini kabarnya akan membuat Anda bisa menampung lebih banyak ternak dan membuat kolam ikan Anda lebih besar. Menariknya lagi? Ia juga kabarnya akan membuat rumah Anda diperluas ke tingkat dua, dengan area baru yang bisa dimodifikasi. Konsep petani super kaya raya ini sayangnya, hanyalah rumor belaka.

3. Sapi dengan Susu Coklat

harvest moon cow
Bahan pangan yang lebih mahal daripada telur, susu, atau bulu domba emas dari ternak yang memenangkan perlombaan? Konon kabarnya ada sebuah item rahasia yang bisa Anda akses jika Anda menginvestasikan uang dan waktu yang cukup banyak untuk memperolehnya. Benar sekali, kita tengah membicarakan si legenda “Susu Coklat”. Kabarnya, jika Anda sering membeli coklat dan mencampurkannya ke dalam jerami makanan para sapi, pada suatu saat, mereka akan menghasilkan susu coklat dengan harga super tinggi setiap harinya. Kami sendiri menjajal teori yang satu ini, namun gagal membuktikannya. Alasan paling utamanya? Tidak pernah ada yang namanya opsi untuk mencampur dua bahan makanan yang berbeda, di dapur sekalipun.


2. Membangkitkan Orang Mati

cemetery
Dari semua rumor yang sempat beredar di sekitar Harvest Moon: Back to Nature, tidak pernah ada lagi misteri yang jauh lebih gila dan aneh dibandingkan yang satu ini. Kabarnnya, kota yang Anda tinggali ini sebenarnya memiliki tiga kuil rahasia dengan tiga buah item legendaris yang bisa Anda kumpulkan. Jika Anda berhasil mengumpulkan ketiganya dan membawanya ke kuburan di kota, konon katanya, Anda bisa menghidupkan kembali kedua orang tua Anda dari kematian, menjalani hidup bersama, bahagia, dan mendapatkan ending yang sebenarnya. Item-item ini bahkan mendapatkan nama-nama keren, seperti Cakar Naga dan Pita Kematian. Bagaimana caranya Naga dan Harvest Moon bisa berada dalam satu kalimat yang sama? Pikiran masa kecil di kala itu tidak pernah ambil pusing, dan tidak ragu melihatnya sebagai potensi ending yang pantas untuk dikejar.

1. Pindah Kota

gourmet
Dan misteri yang paling sering Anda dengar di Harvest Moon: Back to Nature dengan usaha gila-gilaan banyak gamer untuk membuktikannya? Kesempatan untuk pindah ke kota lain! Ada rumor, bahwa Anda sebenarnya bisa menaiki kapal di dermaga dalam kondisi tertentu untuk berlayar ke kota lain, yang tidak hanya memiliki landscape yang berbeda, tetapi juga dipenuhi dengan bibit tanaman, ternak, dan item-item pertanian yang berbeda pula. Rumor lain menyebutkan bahwa Anda bisa memicu event ini dengan membina hubungan baik dengan Gourmet – sang juri lomba masak dengan bentuk yang aneh. Jika Anda berhasil mempresentasikan sebuah makanan super enak rahasia yang belum pernah ada sebelumnya, ia akan mengajak Anda untuk pindah ke kota lain ketika hari berakhir. Sampai saat ini, belum pernah terbukti sama sekali.
Di atas, adalah 10 mitos terbesar Harvest Moon: Back To Nature, yang bahkan hingga saat ini, belum pernah menemukan jawaban yang jelas. Sepertinya tidak ada lagi ketertarikan dari gamer di seluruh dunia untuk kembali ke kota kecil ini dan mulai melakukan klarifikasi satu per satu hal yang dari dulu, terbesar dari mulut ke mulut dengan begitu efektifnya.
Lantas, bagaimana dengan Anda sendiri, terutama yang sempat teradiksi dengan Harvest Moon: Back to Nature di kala itu? Mitos seperti apa yang pernah Anda dengar namun tidak tertulis di atas? Atau jangan-jangan Anda pernah membuktikan hal yang kami lemparkan di artikel ini dan berujung menjadi fakta? Feel free to comment and expand the list!

Sumber: http://jagatplay.com

0 Response to "Misteri Terbesar Harvestmoon:BackToNature"

Posting Komentar